Tuesday 25 December 2012

Human Computer-Interface (HCI)


Pendahuluan

Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)

Tujuan:

  • User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula
  • WYSIWYG (what you see is what you get)
  • Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
  • Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja

Permasalahan yang muncul:
  • Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna
  • Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi
  • Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan
  • Para pengguna berbeda dari sebelumnya
  • Para pengguna berbeda satu dengan lainnya
  • Para pengguna berbeda dari kita
Mulai diterapkannya GUI (Graphical User Interface)

Kriteria User Friendly

  1. Memiliki tampilan yang bagus
  2. Mudah dioperasikan
  3. Mudah dipelajari
  4. Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut

Definisi IMK

Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan  di mana melaluinya pengguna memanfaatkan   dan berinteraksi dengan komputer
Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada    aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri 
Suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya

Sistem IMK

HCIS = ƒ (h,m,e,i,t)

Dimana:
HCIS = sistem manusia dan komputer
      h = subsistem manusia
 m = subsistem mesin
  e = subsistem lingkungan
   i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
   t = waktu, lamanya interaksi terjadi

Aplikasi IMK

  • Perkantoran
  • Kendali proses
  • Penerbangan
  • Komunikasi
  • Desain pekerjaan
  • Pelatihan/seleksi
  • dll

Piranti Bantu Pengembangan Sistem

Pertama kali dikembangkan oleh MacApp oleh Apple pada pertengahan tahun 1980-an

Contoh piranti bantu lainnya: Visual dBase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, Borland Delphi, dll

Keuntungan:
  • Tampilan/antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik
  • Program antarmuka menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis untuk dipelihara

Kesalahan Mendasar Programmer

Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data

0 comments:

Post a Comment