Tuesday 25 December 2012

Past, Present, and Future of User Interface Software Tools

Pendahuluan


Semua software aplikasi yang sekarang ada merupakan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 1970-1990-an
Hampir semua aplikasi yang ada di Windows, UNIX, atau Macintosh umumnya menggunakan 1 set bahan yang ditemukan sedikitnya 15 tahun yang lalu, mis: layar monitor, keyboard, dan mouse, Window managers, GUI, dll
Penggunaan bahan ini supaya tercapai suatu kestabilan, maksudnya:

  • Kestabilan bagi user: berguna untuk mengembangkan skill-nya di bidang komputer
  • Kestabilan bagi pengembang peralatan atau software: berguna untuk menyempurnakan konsep pengembangan peralatan dan software

Historical Perspective

Tema-tema dalam evaluasi peralatan

  • Bagian-bagian dari antar muka user yang dituju: bahwa peralatan yang dianggap membantu yaitu pada saat mereka dibutuhkan
  • Threshold and ceiling. “Threshold” adalah tingkat kesulitan dalam menggunakan suatu sistem. “Ceiling” adalah berapa banyak yang dapat dilakukan oleh sistem tersebut. Tujuan pembuatan sistem adalah pada saat yang bersamaan sistem tersebut memberikan threshold yang rendah dan ceiling yang tinggi
  • Peralatan yang memberikan resistensi rendah
  • Kemampuan peralatan yang memberikan prediksi tentang kemampuannya kepada programer
  • Peralatan yang dapat membantu dengan mudah pembuatan software suatu tugas

Peralatan yang digunakan untuk pembuatan IMK
  • Windows managers and toolkits: memberikan sebuah model dasar pemrograman yaitu imaging model dan input model
  • Event languages: penggunaannya dianggap sukses karena dapat secara langsung memanipulasi graphical user interface. Contohnya mis: Apple’s HyperCard, Microsoft’s Visual Basic, the Lingo scripting language dalam Macromedia’s Director
  • Interactive graphical tools: biasanya menggunakan mouse untuk membuat interface. Mis: Visual Basic, Visual C++, NeXT Interface Builder, Trillium dari Xerox PARC, dan MenuLay dari University of Toronto
  • Component systems: setiap komponen dikontrol menggunakan kotak segi empat pada layar, dan komponen lainnya kemudian dimasukkan berikutnya, mis: untuk membuat ‘garis’ maka dapat menggunakan komponen ‘drawing’ yang ada di windows
  • Scripting languages: mis: bahasa C dan C++
  • Hypertext: digunakan untuk pembuatan web site, mis: HTML, XML
  • Object-oriented programming: mis: Visual Basic, Visual FoxPro,dll

Future Prospects and Visions

Komputer akan menjadi komoditas
Disebabkan oleh kemampuan komputer yang sangat cepat mengikuti hukum Moore
Ubiquitous computing
Yaitu penggunaan komputer akan melekat dalam bermacam jenis peralatan yang berbeda dalam berbagai skala yang berbeda, mis: HP, PDA, Notebook, sound systems, dll
Kapabilitas input dan output yang berbeda-beda
Mis: jumlah pixel yang semakin banyak, resolusi semakin tinggi, penggunaan touch-sensitive screen yang semakin umum, perubahan dari penggunaan mouse ke stylus
Hardware untuk mempercepat pembuatan peralatan, dan bukan hanya dari software saja, mis: jaman sekarang ini untuk membuat sebuah prototipe produk maka dapat dipercepat dengan menggunakan software AutoCAD, namun untuk mendatang tidak hanya software saja namun juga dapat menggunakan hardware
Peralatan untuk melakukan koordinasi berbagai macam peralatan komunikasi
Fungsi komputer akan berubah menjadi alat komunikasi, mis: akses internet, HP, PDA,dll
Antar muka pengguna berbasis pengenalan (recognition-based user interfaces)
Perubahan penggunaan dari keyboard dan mouse menuju gerakan isyarat, handwriting, dan speech input and output
Penggunaan teknologi 3 dimensi
Teknologi 2 dimensi akan diganti dengan 3 dimensi
End-user programming, customization, and scripting
Disebabkan oleh karena setiap orang memiliki keinginan yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga mereka ingin memiliki software yang berbeda sesuai dengan seleranya sendiri, dan pembuatan program yang semakin mudah sehingga mereka dapat membuat sendiri





0 comments:

Post a Comment